PROPOSAL USAHA KERIPIK KULIT PISANG
PROPOSAL
USAHA
KERIPIK
KULIT PISANG
Disusun
Oleh :
v Danti
Destiara (21219573)
v Ika
Kamilatun Zakia (22219910)
v M.Rizky
Hadiyanto (23219488)
v Mega
Petnawati (23219636)
v Riftia
Mita Sari (25219572)
v Zerlina
Regita Cahyani (26219847)
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA
2019/2020
KATA
PENGANTAR
Segala puji
dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas Rahmat-Nya yang selama ini kita
dapatkan, yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat
manusia, oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas pengantar Bisnis ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Ada
pula maksud aau tujuan dari penyusunan proposal ini ialah untuk memenuhi salah
satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah pengantar bisnis.
Dalam proses
penyusunan tugas ini kami menjumpai berbagai hambatan, namun berkat dukungan
materil maupun nonmateriil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan
tugas ini dengan cukup baik, maka pada kesempatan ini kami menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Tugas ini
masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan segala saran
dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan
pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini memberikan ilmu dan
manfaat, khususnya bagi kami dan para pembaca sekalian.
Penyusun
KATA
PENGANTAR................................................................................................................................ i
DAFTAR ISI........................................................................................................................................... ii
BAB 1
PENDAHULUAN..........................................................................................................................
1
1.1
Latar Belakang.................................................................................................................. 1
1.2
Visi & Misi
Usaha.............................................................................................................. 2
1.3
Manfaat............................................................................................................................ 2
1.4
Profil
Organisasi............................................................................................................... 3
BAB II
.................................................................................................................................................. 4
2.1
Produk...............................................................................................................................
4
2.2
Proses dan
Harga.............................................................................................................. 4
BAB
III.................................................................................................................................................. 5
3.1 Analisis
SWOT................................................................................................................... 5
BAB
IV..................................................................................................................................................
6
4.1 Analisis
Pasar....................................................................................................................
6
4.2 Strategi
Pemasaran..........................................................................................................
7
BAB V
PENUTUP..................................................................................................................................
8
5.1
Kesimpulan.......................................................................................................................
8
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Buah pisang adalah salah satu komoditas
tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis. Karena melimpah, buah pisang dijual
dengan harga yang cukup terjangkau. Khasiat pisang tak hanya sebagai sumber
karbohidrat tetapi juga sumber vitamin, serat dan juga beta karoten. Konsumsi 1
pisang sehari akan mencegah dari serangan jantung. Tidak hanya dagingnya saja,
ternyata kulit buah pisang pun tak kalah menakjubkan. Jika selama ini
orang-orang menganggap kulit pisang adalah sampah. Manfaat kulit pisang cukup
beragam dan telah teruji secara klinis. Secara umum, kulit pisang banyak
mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium,
vitamin B, lemak, protein, beragam vitamin B kompleks di antaranya vitamin B6,
minyak nabati, serat, serotonin dan banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa
ini memiliki beragam khasiat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, kulit
pisang juga ternyata bisa menjadi sumber energi alternative.
Kripik adalah salah satu jajanan kecil
yang banyak digemari kaum muda saat ini. Tidak hanya kaum muda saja tetapi semua
kalangan mulai dari anak kecil sampe kalangan tua. Sehingga tidak heran bila
kita bisa dengan mudah menemukan gerai/outlet yang menjual kripik di pusat
perbelanjaan di kota kita. Kripik sendiri sebenarnya berasal dari Perancis
namun saat ini kripik bisa kita temukan di banyak negara termasuk Indonesia.
Pada gerai besar, biasanya kripik ditawarkan bersama dengan krupuk dan
kripik-kripik lainnya. Di Indonesia tidak hanya mengolah kripik dari bahan
pisang saja, tapi dari hasil komoditas lain seperti nangka, apel, kedelai
menjadi tempe, kripik ketela dll. Memang bukan karena berawal ekonomi yang
mendesak, tetapi dengan perusahaan kami yang memiliki produk unggulan ini, kami
bisa menambah perekonomian anggota masing-masing.
Tidak ada yang tidak mungkin yang bisa dihasilkan dari kulit buah
pisang. Dengan melihat kandungan-kandungan yang terdapat pada kulit pisang,
perusahaan kami menghasilkan olahan dari bahan kulit pisang yang mungkin belum
kebanyakan orang tahu. Yaitu mengolah kulit buah pisang menjadi makanan yang
lezat dan bergizi tinggi. Kami menghasilkan sebuah makanan ringan yaitu keripik
dari kulit buah pisang. Praktis dan mungkin masih terbatas keberadaannya, serta
belum banyak orang tau tentang olahan dari kulit buah pisang ini menjadi sebuah
keripik.
1.2
Visi & misi usaha
Visi
:
1.
memunculkan suatu produk camilan
keripik kulit pisang dengan inovasi baru yang berbeda dengan keripik-keripik
buah lainnya
2.
memberikan kepuasan kepada
konsumen
Misi
:
1.
menggunakan kulit pisang sebagai
bahan baku utama.
2.
Mengutamakan kualitas produk
3.
Memberikan harga yang terjangkau
1.3
Manfaat
Pisang
tak hanya memiliki manfaat pada dagingnya saja dan ternyata kulit pisang ada
manfaat yang tersembunyi. Kulit pisang memiliki senyawa antibiotic dan
mengandung karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, Vitamin C, air, zat
besi, juga Vitamin B.
Manfaat
lainnya yang terkandung dalam kulit pisang yaitu dapat memutihkan gigi,
Saponin yang terkandung dalam kulit pisang kepok kuning merupakan senyawa
bioaktif yang dapat mengikat kromogen sehingga dapat memutihkan gigi. Selain
itu, kadar kalium dan mangan yang tinggi pada kulit pisang juga merupakan
mineral yang dapat memutihkan gigi. Selanjutnya dapat mengobati
jerawat, Caranya hanya dengan menggosokan kulit pisang bagian dalam ke
kulit wajah secara perlahan. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa
mengoleskan kulit pisang pada wajah di malam hari. Disarankan untuk menggunakan
kulit pisang yang masih bewarna kuning. Gosok – gosokkan pada wajah hingga
kulit pisang menghitam, setelah itu ambil kulit pisang yang baru lagi dan gosok
lagi selama 10 menit kemudian didiamkan. Lalu di bersihkan menggunakan air
bersih. Manfaat dari melakukan terapi alami ini untuk membuat noda jerawat yang
kemerahan akan terlihat memudar dan tidak muncul kembali. Selanjutnya
dapat mengobati luka, penggunaanya hanya menggosok ke bagian tubuh
yang terluka secara perlahan. Dan juga kulit pisang dapat di olah seperti
pembuatan tepung kulit pisang, keripik kulit pisang, dan juga selai kulit
pisang.
1.4 Profil Organisasi
Usaha kami bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian
khususnya pengolahan komoditas pisang. Perusahaan kami mengolah kembali kulit
pisang yang selama ini dianggap sampah kemudian dijadikan sebuah makanan ringan
berupa kripik kulit pisang. Kripik dari kulit pisang yang kami produksi
mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Nama perusahaan
|
Banana Chip
|
Nama pemimpin usaha
|
Zerlina Regita Cahyani
|
Bidang usaha
|
Industri kecil
|
Produk
|
Keripik kulit pisang
|
Alamat
|
Kayuringin Jaya, Bekasi
|
Email
|
bananachip@gmail.com
|
No. telpon
|
081277452133
|
BAB II
2.1 Produk:
Keripik kulit
pisang
2.2 Proses dan
harga:
1.
Siapkan kulit pisang dan cuci
hingga bersih
2.
Buat larutan kapur dengan
mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air
3.
Rendam kulit pisang dalam
larutan air kapur selama 20 menit
4.
Buat larutan garam dengan
mengambil 1 sendok teh garam dan dilarutkan dalam 1 liter air
5.
Kemudian rendam kulit pisang
dalam larutan garam selama 20 menit
6.
Buat larutan gula dengan
mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam 1 liter air
7.
Rendam kulit pisang dalam
larutan gula selama 20 menit
8.
Jemur kulit pisang hingga
kering selama delapan jam
9.
Goreng kulit pisang kering
hingga kuning kecoklatan
10. Setelah berwarna kuning kecoklatan keripik pisang di angkat dari
penggorengan dan tiriskan
Harga
1.
250 gram : Rp 15000;00
2.
500 gram : Rp 28000;00
3.
1 kg :
Rp 58000;00
BAB III
3.1 Analisis SWOT
a. Strengths (kekuatan)
1)
Harga keripik pisang sangat
terjangkau di kalangan masyarakat
2)
Kualitas keripik pisang sangat terjamin,
karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
3)
Tersedia kemasan berbagai
ukuran.
4)
Keripik pisang ini memiliki
rasa yang gurih dan enak.
5)
Belum banyak masyarakat sekitar
yang mengolah kulit pisang menjadi keripik.
b. Weakness (kelemahan)
1)
Bahan baku keripik kulit pisang
yang mudah rusak.
2)
Jika musim hujan akan
mempersulit proses pembuatan keripik kulit pisang.
3)
Keripik pisang akan mudah rusak
bila disimpan di tempat yang sembarangan.
c. Opportunity (peluang)
1)
Kondisi masyarakat yang semakin
konsumtif sehingga mempermudah untuk memasarkan produk.
2)
Permintaan pasar yang semakin
meningkat
3)
Dengan adanya usaha semacam ini
pangsa pasar di daearh usaha ini masih memungkinkan untuk ekspansi.
d. Threats (Ancaman)
1)
Jumlah kompetitor yang terus
meningkat
2)
Munculnya produk baru yang
lebih unggul
3)
Kenaikan harga bahan baku
karena jumlahnya semakin terbatas
4)
Kenaikan harga BBM yang
menyebabkan tidak stabilnya biaya keluar
BAB IV
4.1 Analisis Pasar
Analisis pasar adalah suatu
penganalisasian atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar.
Masalah yang perlu dianalisis di dalam
pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar,
serta peluang – peluang pasar. Untuk produk keripik kulit pisang sangat di
butuhkan analisis pasar untuk melihat peminat dari keripik kulit pisang ini.
Olahan keripik kulit pisang pada saat ini masih baru, untuk itu sangat di
perlukan analisis pasar yang sangat bagus, agar produk ini dapat di kenal di
masyarakat. Berikut adalah analisis pasarnya.
a.
Target pasar
Usaha ini berlokasi
di tempat-tempat yang
strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh
masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal
oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan
masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri dan kami siap menerima
pesanan secara online.
b.
Sasaran pembeli
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan
masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari
semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami
tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua
kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp15.000 sampai dengan
Rp58.000. dengan harga demikian pembeli dapat merasakan kenikmatan dari keripik
kulit pisang.
c.
Pesaing
Dalam setiap
usaha/bisnis pasti ada yang namanya pesaing. Di sinilah kita menggunakan
kreatfitas kita sebaik mungkin untuk menarik konsumen agar membeli produk kita
tanpa merusak persaingan yang ada. Caranya dengan menaati peraturan yang
diberlakukan oleh pemerintah dan memberikan harga yang kompetitif.
4.2
Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang
dapat kami lakukan adalah:
a.
Dari mulut ke mulut
Promosi
ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak
biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman
kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak
langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha
kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka
konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli keripik
kulit pisang di tempat kita.
b.
Dengan
media internet
Selain
dari mulut ke mulut, kita juga memanfaatkan teknologi yang canggih yaitu dengan
menggunakan internet. Beberapa media sosial sering kita gunakan untuk melakukan
promosi agar jangkauan produk kita luas dan dikenal oleh orang-orang yang jauh
dari tempat kami berjualan.
c.
Pengembangan
produk
Selain
dengan promosi, kita juga harus mengembangkan kualitas dari produk kita. hal
ini dilakukan untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen yang tidak konsumen
dapatkan pada produk pesaing.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Produk yang kami
kembangkan berupa kripik dari kulit pisang. Kripik kulit pisang Banana Chip ini
merupakan produk olahan baru yang berasal dari kulit pisang, serta memiliki
banyak manfaat bagi kesehatan , karena mengandung karbohidrat, air, vitamin C,
kalium, lutein, anti-oksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, beragam
vitamin B kompleks di antaranya vitamin B6, minyak nabati, serat, serotonin dan
banyak lagi lainnya. Semua komponen senyawa ini memiliki beragam khasiat yang
baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, kulit pisang juga ternyata bisa menjadi
sumber energi alternatif.
Kami sangat
merekomendasikan bisnis keripik kulit pisang ini karena kami telah melakukan
analisis terkait dengan bisnis keripik kulit pisang ini. Dengan menggunakan
bahan olahan yang tidak terlalu sulit untuk didapatkan dan murah, kita bisa
mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin, dan tentunya dengan memikirkan
kehigienisan dari bahan serta cara pembuatannya.
Komentar
Posting Komentar